ARTIKEL

Cara Pengajuan Kredit Rumah Second

Meutia Febrina Anugrah - Okezone

Kamis, 7 November 2013 12:02 wib

JAKARTA - Membeli rumah melalui kredit pemilikan rumah (KPR) ternyata tak hanya berlaku untuk rumah baru. Rumah bekas atau second juga bisa dibeli dengan sistem KPR.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) merupakan salah satu bank yang menerima pengajuan KPR untuk rumah second. Vice President Consumer & Retail Lending BNI Indrastomo Nugroho mengatakan ada beberapa persayaratan yang harus dipenuhi oleh konsumen saat akan mengajukan KPR untuk rumah second.

"Jika pembeli adalah nasabah (BNI), syarat yang harus dilengkapi yaitu KTP, NPWP, mutasi rekening koran, atau tabungan tiga bulan terakhir," katanya kepada Okezone, Kamis (7/11/2013).

Kedua, lanjutnya, jika konsumen berprofesi sebagai pengusaha harus melampirkan data-data tentang usahanya. Kalau berprofesi sebagai karyawan, syarat yang harus dilengkapi yaitu slip gaji selama tiga bulan terakhir.

Disamping dokumen pendukung lainnya seperti fotocopy KK, dan surat nikah, harus menyerahkan dokumen-dokumen yang terkait dengan bagunan, seperti fotocopy sertifikat tanah, IMB, PBB untuk rumah yang akan diajukan KPR.

"Setelah semuanya lengkap baru bisa diproses," ujarnya.

Proses selanjutnya adalah verivikasi dan interiew. Untuk konsumen yang berprofesi sebagai karyawan, jika dokumennya lengkap prosesnya bisa berjalan sekitar 3-5 hari.

"Kalau profesinya pengusaha sekitar 5-7 hari. Sepanjang dokumennya lengkap, kredit akan disetujui," tandasnya. (nia)

 

RENCANA JOR

MASTERPLANE CITRA INDAH

Klik kanan view image untuk memperbesar gambar

Pilihan Bahasa